Jumat, 26 Maret 2010

Serangga Penyengat "Tarantula"

Tarantula adalah hewan yang berada satu kelas dengan laba-laba(kelas Arachnida). Hewan ini memiliki cirri khas, seperti warna yang gelap, kaki yang panjang, dan bulu-bulu kecil yang memenuhi seluruh tubuh.
Seperti kebanyakan spesies laba-laba, tarantula juga hidup sebagai karnivora, yaitu pemakan hewan lain, seperti ular kecil, kadal, tikus. Mereka tinggal di lubang-lubang pohon, dan celah-celah tanah. Tarantula banyak ditemui di wilayah tropis, seperti Amerika serikat, dan Meksiko.

Racunnya Mematikan
Salah satu bagian yang menarik dari tarantula ialah taringnya yang bsa meyalurkan racun. Begitu taring ini dihujamkan ketubuh mangsanya, racun dari taring akan segera masuk kedalam jaringan tubuh. Akibatnya, mangsa itu akan segera lumpuh tidak berdaya.

1000 telur
induk tarantula bias menghasilkan sekitar 1.000 telur setiap kali ia bertelur. Telur-telur ini akan menetas dalam waktu 6 minggu. Namun, hanya sedikit dari anak-anak tarantula yang bias bertahan hidup. Hal ini disebabkan pemangsa tarantula banyak berkeliaran disekitar mereka, salah satunya hewan pengerat.
(sumber : EnsiklopediaKu, serial Pengetahuan 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar