Rabu, 24 Februari 2010

Makanan Seru Di Kaki Lima

Warung kaki lima yang sederhana, memang menarik buat didatangi. Beberapa warung, malah sudah menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Mungkin karena masakannya enak dan harganya sangat terjangkau, ya. Kita juga bias kok nyari warung kaki lima yang gga kalah serunya dari tempat-tempat ngetop itu. Tapi sebelumnya, intip yang ini dulu biar nggak menyesal kemudian.

Seleksi Tempat..
Meskipun warung kaki lima retsebar dimana-mana, bukan berarti kita bias sembarang memilih loh. Terutama buat kita yang mementingkan kenyamanan. Soalnya, konsep kaki lima kan seadanya banget. Biar nggak kecewa karena tempatnya bikin il-feel, coba pilih warung kaki lima yang :
• Jauh dari tempat pembuangan sampah untuk menghindari banyak penyakit. Dan baunya itu loh, nggak tahaan!
• Minim polusi. Semakin dekat dengan jalan raya, semakin besar kemungkinan makanan tercemar polusi knalpot kendaraan. Pilih tempat yang berada didalam kompleks atau letaknya agak ngumpet untuk menghindari asap.
• Meski dalam keadaan hujan, tidak tergenang air. Kalau becek, selain kaki kita kotor, acara makan jadi nggak nyaman karena sibuk menghindari genangan itu.
• Tempat cuci piringnya bersih. Sempatkan untuk mengintip kebersihan tempat cuci peralatan masaknya. Biasakan juga untuk selalu memeriksa kebersihan alat makan yang tersedia.
• Dekat mal. Soalnya, harga makanan warung kaki lima dekat mal lebih bersahabat dibandingkan didekat perkantoran atau tongkrongan ngetop.

Kenali Tamunya..
Makan ditempat terbuka seperti kaki lima, tentu banyak ‘tamu’ yang sering seliweran. Kita mesti tahu cara menghalau para ‘tamu’ biar makan nggak terganggu. Makanya, kenali siapa saja ‘tamu’ dikaki lima dengan cara menghadapinya, seperti :
• Lalat dan serangga lain. Jangan malu minta lilin sama penjualnya untuk menghalau lalat. Kalau mereka nggak punya,mending pindah tempat lain saja.
• Pengamen. ‘tamu’ yang satu ini bakal sering mampir kekaki lima. Biar nggak repot merogoh-rogoh tas saat makan, siapkan recehan sejak awal dan letakkan diatas meja.

Aman Buat Dompet..
Mentang-mentang makan di kaki lima, kita jadi optimis kalau isi dompet bakal aman. Eits, nggak juga, loh! Justru dikaki lima, kita harus lebih teliti sama masalah harga. Karena biasanya mereka nggak punya daftar menu. Nah, biar dompet nggak bocor, kita harus:
• Tanya harga sebelum memesan. Terutama di tongkrongan ngetop seperti blok M, Malioboro, atau tempat jajanan yang sering dimuat dibanyak media. Kadang mereka suka ‘mematok’ harga terlalu tinggi karena merasa sudah beken.
• Cek bon! Setelah makan, jangan lupa menghitung kembali total harga pesanan kita. Cocokan dengan harga awal yang mereka sebutkan dalam menu.
• Protes kalau makanannya bermasalah. Pola masak kaki lima kan mirip dengan resto fastfood di mal yang serba cepat, tapi peralatannya nggak canggih. Makanya kadang ada makanan yang disajikan kurang matang atau kurang lengkap toppingnya. Jangan takut untuk complain kalau mengalami hal seperti ini. Meski harganya murah, kita tetap harus dapat kualitas terbaik dong.

(Sumber : Majalah GADIS, Juni 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar