Rabu, 24 Februari 2010

SEHAT, SEGAR DAN SERU !

Nggak hanya menyegarkan dan menyehatkan rasanya juga makin seru loh!

Minumlah minimal 8 gelas dalam sehari. Hmm, sering dengar dong, kalimat tersebut? Wajar sih kalau kita harus melakukannya, sebab faktanya memang tubuh kita memang di dominasi oleh cairan. Dan untuk mencegah kita kekurangan cairan, tentunya kita harus sering memasukkan cairan ke dalam tubuh kita. Yang paling mudah dan murah, dengan minum. Cari tahu yuk, minuman apa yang paling baik untuk tubuh kita.

AIR PUTIH..
Rasanya kurang seru, kadang memang bikin kita enggan untuk memilih cairan ini sebagai minuman favorit. Apalagi mesti bersaing sama coke,lemon tea, bubble drink, dan aneka soft drink lainnya yang punya rasa jauh lebih nikmat buat lidah kita.
Padahal nih, air putih adalah air yang paling sehat yang sangat diinginkan oleh tubuh kita yang 85%-nya adalah cairan. Itu juga sebabnya kenapa dalam sehari kita membutuhkan minimal 8 gelas air putih untuk membantu tubuh mengatur dan menyeimbangkan sistem cairan tubuh. Air putih berfungsi sebagai pembawa nutrisi makanan dan oksigen yang sekaligus juga membantu membersihkan dan membuang racun dari dalam tubuh dengan cara melalui air seni dan keringat. Ini artina air putih berjasa untuk melancarkan sistem pencernaan dan pembuangan pada tubuh kita. Selain itu air juga berfungsi sebagai bantalan sendi dan melindungi organ atau jaringan-jaringan tubuh lainnya. Dengan air putih juga, temperature tubuh dapat terjaga hingga menjadi stabil. Kalau melihat kebutuhan ini, nggak heran kalau manusia hanya mampu bertahan 2-4 hari saja tanpa minim. Padahal kalau tanpa makan kita bias bertahan sampai 7 hari. Hmm, lumayan jaukan bedanya?

AIR MINERAL SAJA!
Tahu nggak kalau air putih punya ‘saudara’ yang namanya air mineral. Cairan yang satu ini didalamnya mengandung kandungan mineral seperti dalam air minum dalam kemasan (AMDK). Itu loh, air mineral bermerk yang kita kenal selama ini yang ternyata jumlahnya sampai ratusan didunia ini.
Yang pasti, air yang mengandung antara lain unsure kalium, sodium, magnesium, klorida, dan sulfur itu sangat penting untuk pertumbuhan tubuh kita. Manfaatnya antara lain adalah untuk menjaga asam-basa, menyalurkan senyawa-senyawa penting ke sel saraf dan otot, dan menyusun struktur jaringan serta aktif dalam pertumbuhan tubuh.
Tingkatan dari kadar mineral pun berbeda, tergantung dari sumber air yang di konsumsi. Kadar mineral paling sedikit terdapat dalam air putih hasil penyulingan. Jadi, jika kita membeli air putih hasil distilasi ataupun ionisasi, besar kemungkinan kita kehilangan berbagai elektrolit (unsur kalium, magnesium, sodium, dan klorida yang membantu jumlah cairan dalam tubuh) dan fluorit yang sangat dibutuhkan tubuh kita.
Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih air mineral yang diproses dengan ozonisasi. Yaitu dengan mengambil air dari sumber mata air yang telah memenuhi syarat tertentu. Secara kualitas, mata air tersebut harus bebas dari pencemaran biologis, fisika, kimia, maupun radio aktif. Secara kuantitas, debit mata air tersebut harus relative stabil baik pada musim hujan maupun musim kemarau. Lalu air ditampung di water treatment, kemudian diproses. Yaitu disaring sampai beberapa tahap kemudian di ozonisasi dengan gas ozon atau dengan radiasi ultraviolet yang berguna untuk membunuh bakteri-bakteri. Jadi, better beli yang dalam kemasan saja, lebih hygienis dan lebih banyak kandungan mineralnya.

ADA YANG LAIN..
Pernah denga spring water dan purified water atau air hasil permunian? Spring water berasal dari sumber mata air pegunungan yang bebas dari kontaminasi bakteri dan polusi. Sedangkan purified water adalah air keran yang melewati proses pemurnian seprti penyulingan. Kedua jenis air minum ini, nggak mengandung soda dan garam mineral setinggi air mineral biasa.
Terus, sekarang juga ngga ada alasan lho untuk menghindari air putih berkhasiat ini karena rasanya yang kurang seru. Karena mulai beberapa waktulalu, banyak banget inovasi yang keluar untuk membuat kita mencintai mereka. Misalnya saja ada salah satu merek AMDK yang memproduksi air mineral plus aneka rasa. Ada rasa stroberi, jeruk, dan lainnya. Atau juga soal kandungan, kini mulai divariasi lagi dengan unsur selain mineral, seperti oksigen. Wah, pokoknya nggak ada alasan lagi deh untuk bilang : “nggak seru sih rasanya!”

(Sumber : Majalah GADIS, Desember 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar