Rabu, 05 Mei 2010

Lebah merupakan Serangga

Lebah atau tawon merupakan salah Satu serangga yang sering kita jumpai. Ia terkenal dengan sengatannya. Sengatan ini digunakan ketika ada musuh yang mengusiknya. Meskipun begitu, tidak setiap lebah memiliki sengatan.
Lebah bisa ditemukan hampir diseluruh penjuru dunia. Diperkirakan ada lebih dari 22.000 spesies lebah hidup dimuka bumi ini. Lebah-lebah ini terdiri dari dua jenis, yaitu lebah yang hidup berkelompok dan lebah yang hidup secara sendiri-sendiri (lebah soliter).

Lebah Madu
Lebah madu terdiri dari tiga”kasta”, yaitu lebah ratu, lebah pekerja, dan lebah pejantan. Lebah-lebah ini memiliki tugasnya masing-masing. Lebah pekerja misalnya, ia bertugas mencari madu dengan cara mengunjungi bunga-bunga yang bisa ditemuinya. Didalam setiap koloni lebah madu biasanya terdapat sekitar 60.000-80.000 lebah pekerja.

Lebah unik
Selain lebah madu, masih banyak terdapat jenis lebah lain, seperti lebah pasir (Ammophila suspiciosa), lebah Hornet, atau Lebah Tambang. Masing-masing jenis memiliki keunikan tersendiri.
Lebah pasir misalnya, ia akan menggali lubang untuk menyimpan larva-larvanya. Setelah itu, ia akan mencari mangsa, menyengat, dan membawanya kedalam lubang untuk larva-larva itu.
(Sumber : EnsiklopediaKu, serial Pengetahuan 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar